Home » » Perancangan Alat Kolektor Surya

Perancangan Alat Kolektor Surya

Perancangan Kolektor Surya Sederhana
Kolektor surya merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengumpulkan energi matahari yang masuk dan diubah menjadi energi thermal dan meneruskan energi tersebut ke fluida. Kolektor surya memiliki beberapa komponen yaitu : transmisi, refleksi, dan absorbsi. Komponen transmisi dapat diperoleh dengan- menggunakan kaca, refleksi dari elemen cermin dan absorber dari bahan aluminium atau kuningan yang dilapisi dengan permukaan benda hitam.Komponen utama kolektor surya adalah cover yang berfungsi sebagai penutup kolektor yang transparan, absorber untuk menyerap energi dan mengkonversikan energi matahari menjadi energi thermal, insulation untuk menahan panas dalam kolektor, saluran atau kanal untuk mengalirkan fluida pembawa energi matahari. Jadi dapat disimpulkan secara prinsip bahwa metode kerja dari kolektor surya adalah sama yaitu menyerap sinar matahari.

Energi & Elektrifikasi Pertanian adalah Salah satu dari Mata Kuliah Jurusan Teknologi Pertanian Unhas yang mempelajari prinsip-prinsip energi dan penerapannya dalam industri pertanian, salah satu contoh dasar pemamfaatan energi surya yang dapat digunakan untuk pengeringan di bidang pertanian atau pemanas air dengan sistem kolektor surya atau pengumpul energi panas, dimana pembuatannya yang cukup sederhana dengan memanfaatkan kaleng bekas sebegai penyerap dan pengantar panas (by Teknik Pertanian UH) :

Metodologi Pembuatan Kolektor Surya Sederhana
  1. Perancangan Model dan Luas Kolektor, untuk mengetahui/memperkirakan jumlah kaleng yang akan    di  gunakan dan luas bingkai kolektor Bahan kaleng yang digunakan.
  2. Pengumpulan bahan/kaleng bekas dan penyusunan model kolektor
 
     
         3. Penyambungan Kaleng
             a. Penyambungan kaleng
                        
            b. Penyambungan antara kaleng pada bagian siku kolektor
                b.1. Pelubangan Kaleng
                b.2. Penyambungan pada bagian siku kolektor

   
                                                   Continue to Pdf

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite | Ametqu
Copyright © 2011. NakTekPerT - All Rights Reserved
Template Modify by Premium Blogger Templates Inspired Blogger Tricks
Proudly powered by Bloggerfree download all